Tips 101

7 Things That Have Improved My Life

Halo. Assalamualaikum 🙂

Tulisan ini berawal dari hasil menonton sebuah video yang bercerita tentang apa saja yang membuat hidupnya terasa lebih baik. Nah, terinspirasi dari hal itu, rasanya seru juga membagikan hal-hal yang mungkin saja juga bisa bermanfaat bagi orang lain. 7 Things That Have Improved My Life ini bukan sekadar sesuatu yang memudahkan tapi rasanya juga cerminan diri. Bisa dibilang, beberapa dari hal ini kayaknya sesuatu yang Ria banget.

Cotton bud

Menginjak usia 14 tahun, saya dan cotton bud adalah hal yang tak terpisahkan. Benar, seperti kecanduan. Seingat saya, saat kelas 3 SMP, saya dilarikan ke rumah sakit karena telinga saya berdarah. Penyebabnya ada radang yang cukup parah karena kebiasaan saya main cotton bud yang memang hampir setiap hari. Setiap hari bisa bahkan bisa lebih dari sekali, sudah kayak dosis minum obat.

Setelah kejadian itu, saya sering ditegur. Tentu saja sekarang saya masih main cotton bud, cuma dikurangi. Kalau dulu pemanfaatan cotton bud cuma buat bersihin telinga biar terasa geli-geli, sekarang cotton bud jadi banyak fungsi misalnya membersihkan makeup yang beleber di bagian mata ataupun jadi penenang, kalau saya sedang merasa pusing dan khawatir, akan jadi lebih tenang setelah main cotton bud. Coba deh, mungkin kamu juga akan merasakan asiknya.

Cotton bud ria ada dimana ya?” kalimat yang selalu orang rumah dengarkan.

Notebook

Mudah terperdaya cover buku yang lucu sebagai koleksi? Nah, kita sama berarti.

Tiba-tiba sadar punya banyak notebook yang kadang malah tidak tega untuk di tulisi sesuatu. Bullet Journal juga menjadi salah satu penyebab, karena terbiasa menuliskan Goals, Rencana harian sampai bulanan atau sekadar menuliskan apa yang tiba-tiba terlintas di kepala menjadikan kesenangan tersendiri punya Buku Catatan yang banyak.

Saya membagi Buku Catatan yang saya miliki ke dalam beberapa kategori:

  • Bullet Journal
  • Buku Untuk Catatan Keuangan
  • Sketsa
  • Buku Pengingat
  • Buku Ide/Project

Meski terkadang, setiap beli selalu merasa bersalah karena di rumah masih banyak, mungkin inilah saatnya menerapkan gaya hidup minimalis, haha.

Aplikasi “Nakhtim

Setiap kesempatan pasti ingin dimanfaatkan agar tetap dapat beribadah, meskipun sekarang sudah diberikan banyak kemudahan tapi godaan juga makin banyak. Aplikasi Al Qur’an ataupun bacaan islami tersedia aplikasi di gawai teman-teman, permasalahannya ada jarang membukanya karena lebih fokus untuk bermain sosial media.

Nama aplikasi Quran itu adalah نختم (bisa klik disini untuk mendownload aplikasinya نختم Al Quran). Perbedaan aplikasi lainnya setiap kalian membuka gawai akan langsung otomatis muncul ayat quran bacaan terakhir. Jadi tidak harus membuka aplikasi terdahulu, ia akan muncul secara otomatis sehingga harus dibaca. Sebagai pemula, biasanya saya membaca 1 ayat, tapi karena intensitas membuka handphone yang cukup tinggi, jadi sehari bisa dapat puluhan ayat. Bonusnya, kita jadi bisa tahu juga, dalam sehari kita berapa kali buka tutup handphone kita.

Kelebihannya adalah aplikasi ini menyediakan fitur analisis, kita bisa melihat total bacaan dalam seminggu bahkan setiap hari, Selain itu, ada 18 qori, dan aplikasi yang tersedia dalam bahasa Indoesia. Review aplikasi ini juga sangat baik dari pengguna lain jika teman-teman ingin melihatnya di Play store.

Pouch

Pouch buat jadi kotakan pensil, tempat peralatan mandi, diaper pouch buat kebutuhan Aka kalau sedang sampai pouch campur berisi pembersih tangan, pelembab juga gunting kuku.

sebagai orang yang senang segala sesuatunya sudah diatur berdasarkan berdasarkan, rasanya pouch adalah salah satu penyelamat. Jadi kalau nyari sesuatu di tas, bisa langsung ambil sesuatu kebutuhan tanpa harus buang waktu lama untuk mencari dan ngubek-ngubek isi tas. Tragisnya setelah pencariannya yang lama, bakal butuh waktu lagi untuk merapikannya kembali. Sebenarnya kebiasaan ini bukan hanya untuk benda kecil yang dimasukkan ke dalam pouch, tapi juga berlaku untuk mengatur baju di lemari, sepatu di rak, sampai organizer barang sesuai tempat, ukuran, warna dan fungsi menjadi sangat penting. Terlihat rapi akan sangat enak dipandang enak dan bikin mood ikutan jadi happy.

Jam Tangan

Sebagai orang yang tidak disiplin waktu, saya berusaha sedikit sadar diri dengan selalu menggunakan jam tangan di tangan kanan #TimKanan. Jika sedang buru-buru dan akhirnya lupa pakai, rasanya seharian bakal ada yang kurang karena selalu refleks lihat tangan buat lihat jam berapa nih sekarang.

Hal penting lainya, saya hampir tidak pernah menggunakan aksesoris apapun kecuali jam tangan. Jadilah akan sangat merasa kehilangan bila lupa pakai jam, selain benar-benar bikin bingung karena tahu waktu itu penting.

Buku

Sebagai perempuan yang tidak banyak menghabiskan uang untuk jajan, skin care ataupun ikut jastip, jadilah uang bulanan terkuras untuk beli buku. Sejak dulu kalau lagi sendirian pasti ditemani buku. Begitu pula banyak keputusan besar yang saya ambil saya dipengaruhi oleh buku yang saya baca. Keputusan untuk merantau, menikah muda, memutuskan tidak akan bekerja kantoran serta kesiapan memiliki anak segera setelah pernikahan.

 

Sudah menjadi sebuah kewajiban untuk membeli buku setiap bulannya. Genre yang kebanyakan saya baca adalah fiksi. Okky Madasari, Faisal Oddang, Yusi Avianto Pareanom dan Ahmad Tohari adalah beberapa diantara nama novelis yang saya senangi karya-karyanya. Jika sedang banyak waktu luang saya bisa membaca buku seputar Politik, Hukum, Kebudayaan, Filsafat ataupun Psikologi.

Warna hijau

Hijau sebagai hasil penggabungan antara Kuning dan Biru selalu terlihat menyejukkan. Kadang di beberapa waktu, seringkali merasa stres atau memiliki mood kurang baik, melihat sesuatu berwarna hijau sekalipun daun misalnya, membawa pada perasaan yang lebih tenang. Mungkin itulah kenapa berjalan-jalan sejenak menikmati alam selalu terasa menyenangkan. Kesukaan pada warna tertentu bagi saya memang sangat mempengaruhi mood, itulah kenapa kebanyakan barang yang saya miliki berwarna hijau, senang aja gitu rasanya.

 

7 Things That Have Improved My Life versi kamu apa? Semoga bisa berbagi di kolom komentar ya 🙂

Tinggalkan Komentar