Tips 101

10 Channel Youtube Inspiratif Buat Ibu Rumah Tangga

Dua tahun lalu saya pernah menulis rekomendasi channel Youtube yang saya sukai. Yang membedakan adalah kondisi ketika menuliskannya. Saat tulisan pertama, saya belum memiliki anak. Kecenderungan saya terhadap sebuah tontonan berfokus pada apa yang saya ingin ketahui dan sukai. Sekarang, tetap yang saya sukai tapi rasanya juga harus saya tonton untuk lebih mendapatkan banyak insight berkaitan pekerjaan rumah dan solusi atas susahnya saya membagi waktu sebagai seorang Ibu Rumah Tangga.

Setelah melahirkan, saya mulai menjalani kehidupan yang benar-benar di rumah saja. Ikut suami ke lokasi kerjanya. Tinggal di desa membuat saya benar-benar 24/7 di rumah, tanpa keluarga sehingga ketika awal tidak banyak berkomunikasi dengan orang lain. Sulit sekali rasanya membiasakan diri untuk menghabiskan waktu di rumah. Saya pun termasuk tipe pemalas yang selama ini hampir tidak pernah mengerjakan pekerjaan rumah. Beberapa channel Youtube di bawah sangat membantu kalau lagi mager padahal harus beres-beres rumah atau sekadar memasak di dapur. Dulu sih sebenarnya bisa ke warung beli, tapi sejak mulai peduli kesehatan akhirnya memutuskan untuk belajar masak dan lebih memperhatikan kebersihan rumah.

  • Hami Mama

Ada dua playlist utama di channel ini. Pertama Clean With Me yang menyadarkan diri saya bahwa menonton orang bersih-bersih rumah ternyata seru juga, meski entah kapan saya bisa jadi serajin itu. Pelan-pelan terus belajar tapi butuh waktu lama sih kayaknya. Playlist video kedua adalah Lifestyle Tips yang sesuai judulnya berisi tips-tips untuk mempermudah melakukan banyak hal berkaitan pekerjaan rumah dan keluarga. Tips menata kabel, resep masakan, ide bermain sama anak atau bagaimana mengurus sampah di rumah. Terutama untuk yang sedang berusaha menjadi lebih bijak berkaitan sampah dan isu-isu lingkungan lainnya yang bisa dimulai dari rumah sendiri, channel ini bisa banget jadi inspirasi.

  • One Meal a Day

Nah, di Instagram ada akun @masakdarurat yang berisi resep sederhana yang mudah sekali untuk ditiru. Kalau di Youtube ada One Meal A Day. Channel ini berisi menu-menu sederhana dengan penggunaan alat dan bahan yang sesedikit mungkin. Selain resepnya yang mudah ditiru, channel ini juga lucu kalau sambil baca translate bahasanya. Cara memotong bahannya juga jago, meski sederhana tetap ada skill yang bikin kagum. Channel ini membantu memberikan ide memasak kalau sedang mager tapi ingin makan yang masaknya cepat dan mudah.

  • Haegreendal

Memanggil seluruh buibu yang suka rebahan untuk menonton channel ini. Kalau weekend dan list yang dikerjakan hari itu sedang banyak pasti langsung nonton video-video Haegreendal. Melihat dia bersih-bersih rumah, memasak, bikin kopi, main sama anak dan bekerja di rumah sebagai content creator. Semua dijalankan dengan penuh ketenangan dan santai. Tidak terburu-buru tapi selesai. Bonus dari channel ini adalah videonya yang sangat memanjakan mata. Bagus sekali editing dan pilihan musik dalam videonya.

  • Dianxi Xiaoge

Mungkin sudah banyak yang akrab dengan channel Li Ziqi yang menyulap kehidupan desa menjadi tanah harapan. Sama halnya dengan Li Ziqi, channel Youtube Dianxi Xiaoge juga menggambarkan kehidupan pedesaan. Cara masak tradisional dengan menggunakan bahan yang baru saja dipetik dari kebun. Dapat banyak ilmu semisal cara mengawetkan daging, mengeringkan buah dan membuat asinan. Food Vlogger idolaku.

Gambaran kehidupan desa sangat memukau dan pengetahuan tentang makanan, alam, dan budaya tradisional Tiongkok dalam balutan sinematik berkualitas. Semakin berkesan karena mereka menghasilkan bahan makanan sendiri dan ketergantungan yang masih rendah dengan alat dan makanan modern jadi bikin makin seru nontonnya. Jadi kayak berasa dapat paketan tenaga  buat ikutan rajin dan semangat kayak Dianxi Xiaoge.

  • Honeykki

What I Eat In A Day jenis video yang bikin selalu berhasil bikin senyum-senyum nontonnya. Mulai dari belanja bahan makanan, buka-buka belanjaan, mencuci semua bahan, proses memasak sampai dengan makanan habis tak bersisa di piring ternyata seru sekali untuk ditonton. Resikonya meski baru saja makan, bisa merasa lapar lagi. Hal baiknya, karena terlihat gampang di video jadi bikin semangat masak di dapur dan mencoba resepnya meski kadang tak semudah itu ternyata, haha 🙂

  • Summer Kitchen

Summer Kitchen dengan dapurnya yang ingin ku aminkan paling serius. Sebenarnya beberapa resepnya ribet dan butuh effort lebih, tapi melihat kebersihan dapur, sabar dan telatennya dalam memasak bikin jadi tertular selalu ingin semuanya rapi dan tertata dengan cantik. Selain resep makanannya yang sangat niat, menonton video Youtubenya juga sangat terasa usaha dan semangatnya udah memperlihatkan hasil terbaik dengan detail-detail kecil yang sangat diperhatikan.

  • Meaningfull Minimal

Orang-orang yang menerapkan gaya hidup minimalis selalu berhasil bikin kagum sekaligus penarasan diikuti pertanyaan “Kok Mereka Bisa Ya?”. Memikirkan dengan matang tentang barang yang dimiliki, menahan nafsu belanja dari hal-hal yang kurang penting dan memanfaatkan waktu dengan lebih efektif dengan berbagai kegiatan produktif meski hanya #DiRumah Aja.

Sejujurnya, kalau Aka sedang main dan tiba-tiba barang diruangan berantakan dan berserakan jadi berasa ingin jadi minimalis biar ruangan selalu rapi dan kalau bersih-bersih pasti akan lebih mudah. Untuk yang mau tahu lebih banyak tentang Minimalism bisa banget nonton channel ini apalagi channel minimalism di Indonesia masih sedikit sekali, jadi mungkin saja ini yang kamu cari-cari.

  • Astri Puji Lestari Com

Berawal dari mengikuti tips-tipsnya di Instagram @atiiit. Akhirnya Atit buat channel Youtube. Cek deh, seru dan menyenangkan banget nonton videonya. Yang bikin suka dari menonton video atau mengikuti instagram, Atit tidak pernah sekalipun menggurui dan menyombongkan diri karena telah lama melakukan Conscious Living. Dia mengajak dengan pelan untuk setidaknya memiliki kesadaran penuh atas pilihan-pilihan yang kita ambil termasuk gaya hidup yang sebenarnya bukan hanya memengaruhi hidup kita, tapi hidup banyak orang semisal meminimalisir untuk menghasilkan sampah dan bertanggung jawab dengan itu. Berkat Atit juga merasa bahwa hidup dan makan sehat juga tidak semenderita itu, kita tetap bisa makan enak.

  • Kimbab Family

Tibalah rekomendasi channel keluarga. Paling seru di channel Kimbab Family adalah bagian Berkebun dan Dekor Rumah. Suka juga nonton QnA dan Liburan mereka yang banyak mengunjungi Museum jadi berasa dapat banyak insight. Ada beberapa video juga yang memperlihatkan bagaimana orang tua mengarkan anak-anaknya tentang hal-hal penting jadi kayak berasa dapat melihat langsung dari beberapa teori yang parenting yang sempat dibaca. Editing videonya juga simple tapi keren jadi selalu ada kejutan kecil.

  • Bumiku Satu

Semakin belajar berkebun, semakin sadar banyak kurang ilmunya. Sedikit menyesal dulu kuliah di Fakultas Pertanian tapi tidak mengeksplor banyak hal terutama di bagian budidaya. Kalau sedang luang, suka banget nonton video-video di channel Bumiku Satu, sangat menginspirasi.

Kegiatan berkebun memang kegiatan panjang dan harus konsisten untuk menyiram, menyiangi, pemberian pupuk jadi wajar kalau kadang suka bosan. Nah, saat bosan itulah nonton video di channel jadi berasa charge energi lagi buat semangat berkebun.

Menghabiskan banyak waktu menonton mereka terasa seperti investasi waktu. Meski nontonnya kadang sambil rebahan tapi ada banyak hal baru yang dicoba karena inspirasi dari channel-channel diatas. Jangan lupa tulis channel Youtube kesukaan kamu juga di kolom komentar agar kita bisa sama-sama bertukar hal baik untuk disaksikan.

Untuk yang ingin membaca rekomendasi Youtube pertama bisa klik disini.

Tinggalkan Komentar