Tips 101

Bertukar Rekomedasi Channel Youtube Favorit

Boom!

Diluncurkan tahun 2005, Youtube memang sedang menikmati masa kejayaannya. Halaman YouTube kini mengganti peran televisi di kehidupan manusia dan menjelma menjadi salah satu platform terbesar di dunia. Setiap harinya, video di Youtube ditayangkan sampai milyaran kali dengan jumlah pengguna yang terus meningkat.

Dulu rasanya youtube hanya digunakan segelintir orang saja, tapi kini menjadi medium kesukaan content creator untuk menunjukkan karya mereka kepada dunia. Kita bisa menemukan apa saja di Youtube, beragam hal. Masak-memasak, cara edit foto dan video, berkaitan kesehariaan (daily vlog), musik sampai dengan macam-macam tutorial kecantikan.

Orang-orang ataupun kelompok yang berbagi pengalaman dan wawasan juga bisa kita temukan disni. Berikut channel favorit yang sering kali saya kunjungi. Harus saya akui, terkadang saya menghabiskan banyak sekali waktu untuk bersenang-senang di Youtube.

Remotivi

Remotivi adalah lembaga studi dan pemantauan media, khususnya televisi di Indonesia. Salah satu konten video yang saya sukai adalah Yang Tidak Media Katakan yang menelisik ideologi dari teks dan representasi dari konteks. Video terbaru dari channel ini hadir setiap dwimingguan untuk mengupas isu media terkini. Konten lainnya yang bisa kamu tonton di channel ini adalah Literasi, Yang Penonton Katakan, Kenakalan Media di Era Informatika, Kampanye dan Kliping Peristiwa Media.

Jusuf

Channel ini rasanya ingin membuatmu ingin memperbaiki hidup yang berantakan. Rencana hidup yang jelas dan selalu produktif. Tak lupa juga tentang kesehatan dan tips menjalani kehidupan yang berfaedah lainnya; bangun pagi, mengerjakan tugas, menjadi vegan dan jalan-jalan bersama teman. Tak lupa, ada banyak video tentang Bullet Journal. Menyenangkan bukan?

VICE Indonesia

Hadir sejak 2016 dengan target utama anak muda menjadikan konten VICE selalu menarik bagi saya. Berawal menjadi pembaca VICE membuat saya tak akan melewatkan konten jagoan mereka, yaitu video-video khas VICE dengan perspektif berbeda berkaitan dengan isu yang tak banyak orang meliriknya. Bahasan yang kadang kontroversial selalu berhasil membelah kelompok menjadi pro dan kontra.

Watchdoc Documentary dan Watchdoc Image

Inilah jagoan utama diantara jagoan lainnya. Senang sekali Watchdoc terus eksis dan menghasilkan karya luar biasa. Saya bisa dibilang menonton keseluruhan video yang tersedia di channel yang Watchdoc miliki, yakni; Watchdoc Documentary dan Watchdoc Image. Beberapa karya Watchdoc yang menjadi favorit saya adalah The Mahuzes, Samin vs Semen, Rayuan Pulau Palsu. Sebentar lagi, Watchdoc akan mengeluarkan dokumenter terbarunya berjudul Boti. Kamu bisa nonton trailer di video berikut.

Frame & Sentences

Afu dan Wikan berhasil membagikan pemikiran mereka melalui video-video Frame & Sentences. Penulisan naskah video yang sangat baik membuat konten yang mereka buat benar-benar akan menambah pengetahun dan sudut pandang tentang permasalahan/isu yang sedang menjadi topik bahasan.  Video dengan judul “Ngapain Belajar Sejarah?” adalah salah hal yang menyadarkan saya bahwa hal buruk di masa lalu bisa menjadi kebaikan di masa depan asalkan kamu benar-benar menyadari letak kesalahannya dan menjadikannya sebagai bahan evaluasi. Jadi, tak ada alasan untuk begitu mudah melupakan masa lalu yang buruk terutama yang bekaitan dengan negara. Tak harus menutupinya. Jika terus seperti itu, jadi sampai kapan kita belajar untuk bangkit dan tak mengulanginya kembali?

Fathia Izzati

Menontonnya sejak masa kuliah dan sekarang sedang sama-sama menjalani kehidupan setelah lulus dari kampus. Rasanya menyenangkan melihat orang membawa energi positif ke dalam videonya dan menunjukkan bahwa kamu bisa melakukan hal-hal yang kamu sukai, jangan takut! Terakhir kali saya menonton adalah video yang menceritakan kehidupan Fathia bekerja di firma hukum impiannya, dan yang menarik sebagai pekerja kantoran, dia tetap berusaha menjadi content creator dan seorang vokalis Reality Club.

TED

Video Jon Jandai yang berkisah tentang pilihan hidupnya yang sederhana. Bagaimana ketika pangan, papan dan sandang bisa dipenuhi oleh kemampuan diri sendiri, tanpa bergantung pada siapapun, tanpa harus mengikuti yang semua orang lakukan Tak hanya video ini, ribuan video inspirasi dari banyaknya pembicara TEDx Talks semoga bisa memberikan pemahaman baru untuk terus mengembangkan diri, berbuat baik dan menyebarkan kebaikan.

Yufid TV

Yufid TV menjadi channel youtube yang juga paling sering saya buka setiap kali saya memiliki pertanyaan dan kebingungan berkaitan dengan Islam. Videonya pun dikemas sangat menarik sehingga memancing untuk menonton video-video lainnya. Enak kan, bisa dengerin ceramah, jawaban seputar kebingungan serta hal lain berkaitan dengan keagamaan yang sangat bermanfaat.

Broadly

Broadly adalah situs web dan saluran video digital yang ditujukan untuk merepresentasikan keragaman pengalaman perempuan. Melalui pelaporan asli dan film dokumenter, Broadly memberikan fokus yang berkelanjutan pada isu-isu yang paling penting bagi perempuan. Isu yang diangkat berasal dari seluruh belahan dunia.

Asumsi

Asumsi adalah institusi media yang berfokus pada isu sosial politik terhangat. Kesamaan antara Asumsi yg dipaparkan di sini dengan fakta yg akhirnya benar-benar terjadi merupakan kebetulan belaka, karena ini hanya asumsi. Ya, memang berisi asumsi. Asumsi yang patut disaksikan agar kamu peduli dan bisa peka terhadap berbagai permasahan sosial politik yang terjadi. Apatis bukan pilihan.

Kok bisa?

Bagi kok bisa? tak ada pertanyaan yang bodoh. Segala ilmu pengetahuan dimulai dari pertanyaan. Itu sebabnya, Kok Bisa ingin terus menciptakan pengalaman belajar sains yang inovatif dengan menjawab pertanyaan sehari-hari melalui video-video animasi edukatif. Melalui animasi, Kok Bisa percaya bahwa konsep yang rumit bisa digambarkan dengan kontekstual dan lebih mudah dipahami. Belajar dan menambah pengetahuan jadi semakin mudah dan menyenangkan, tanpa harus terlalu serius. Jadi, kamu punya pertanyaan yang belum terjawab?

 

Jangan lupa tulis channel Youtube kesukaan kamu juga di kolom komentar agar kita bisa sama-sama bertukar hal baik untuk disaksikan.

Tinggalkan Komentar